Hal - hal yang harus diperhatikan dalam menyusun agenda kerja pimpinan
Dari kegiatan - kegiatan mengelola kegiatan kerja pimpinan seorang sekretaris harus selalu memperhatikan hal - hal sebagai berikut :
Dari kegiatan - kegiatan mengelola kegiatan kerja pimpinan seorang sekretaris harus selalu memperhatikan hal - hal sebagai berikut :
1.
Mencatat semua appointments/ janji - janji yang dibuat
pimpinan terkait dengan pelaksanaan pekerjaan yang akan dilaksanakan maupun
relasi perusahaan/ pimpinan.
2.
memerika appointments secara teliti yang
akan dimasukan pada agenda kerja pimpinan dengan memperhatikan urutan waktu dan
skala prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan.
3.
Selalu melakukan konfirmasi dengan pimpinan / atasan
terkait dengan appointment yang masuk agenda kerja pimpinan untuk
hindarkan kepastian yang akan dilakukan, mengetahui kegiatan yang terbaru
sehingga tercipta efektifitas agenda kerja pimpinan.
4.
Catatan appointment hendaknya details/ lengkap
sehingga dapat memberikan gambaran kegiatan kerja pimpinan secara jelas dan
dapat efetifkan kegiatan kerja pimpinan sehingga dapat wujudkan tujuan
penyelesaian pekerjaan pimpinan.
5.
Perhatikan dan bedakan dengan jelas kegiatan -
kegiatan yang dilaksanakan pimpinan yaitu kegiatan yang akan dilakukan di
dalam kantor dan di luar kantor kemudian tempatkan dengan tepat pada agenda
kerja pimpinan.
6.
Tempatkan jeda waktu/ tenggang waktu antara
kegiatan yang satu dengan yang lain dengan tepat sehingga dapat lakukan
kegiatan dengan tidak terburu - buru
C. Jenis agenda kerja pimpinan
Agenda kerja pimpinan dapat digolongkan menjadi 2 macam agenda kerja yaitu :
Agenda kerja pimpinan dapat digolongkan menjadi 2 macam agenda kerja yaitu :
1.
Jadwal kerja pimpinan, yaitu susunan kegiatan yang
disusun memuat kegiatan secara keseluruhan dan umum, dan khusus yang memiliki
kepentingan penyelesaian pekerjaan manajemen untuk pimpinan. Kegiatan -
kegiatan itu bersumber dari penerimaan tamu yang terekam pada buku tamu dan
buku janji temu, pesan penerimaan telepon, surat permohonan kunjungan/ janji
temu, dan program kerja pimpinan.
2.
Jadwal perjalanan dinas/ bisnis pimpunan, jadwal
kegiatan kerja yang memuat rincian kegiatan yang dilaksanakan di luar kota, dan
luar negeri. jadwal kerja ini dibuat secara khusus untuk memberi
pengaturan waktu sebagai pedoman pelaksanaan perjalanan dinas/ bisnis
pimpinan.
C. Sistematika penyusunan agenda kerja pimpinan
Urutan penyelenggaraan agenda kerja pimpinan terdiri dari :
Urutan penyelenggaraan agenda kerja pimpinan terdiri dari :
1.
Membuat date line and reminder, yaitu catatan pesan
secara umum yang dibuat menurut bulan, tanggal dan jam, serta kegiatan yang
menjadi sumber informasi untuk menyusun jadawal kerja pimpinan dan jadwal
perjalanan dinas/ bisnis pimpinan. Date line and reminder diisi berdasarkan
data dari buku tamu, buku janji temu, surat janji temu, dan pesan telepon yang
terkait dengan kegiatan kerja pimpinan
2.
Membuat jadwal kerja pimpinan, yaitu menyusun
rincian kerja kerja yang terjadwal terkait kegiatan kerja yang berlangsung di
kantor dan di dalam kota sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan kerja pimpinan
agar tercipta efektifitas penyelesaian pekerjaan manajemen. daftar ini
dibuat berdasarkan date line and reminder.
3.
Membuat jadwal perjalanan dinas / bisnis, menyusun
daftar kegiatan yang akan dilakukan pimpinan di luar kota, dan luar negeri.
Daftar ini dibuat merupakan jabaran yang tertulis di date line and reminder
yang telah disusun sebelumnya untuk digunakan bahan dasar untuk susun jadwal
perjalanan dinas/ bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar